UAS FILSAFAT PENDIDIKAN

NAMA : ST. FANISYAH
KELAS : BC 9.2
NIM : 200407511012

UAS FILSAFAT PENDIDIKAN

PERTEMUAN 9

  1. Dibawah ini contoh esensialisme yang benar adalah
    a. Orang tua menerapkan kedisiplinan thdp anaknya b. Guru sebagai contoh keteladan berdasarkan pengetahuan c. siswa sebagai makhluk yg nasional yg mmlki prestasi dan keterampilan
    d. Semua jawaban benar
  2. Apa perbedaan progresivisme dan esensialisme?
    Jawab : Dalam banyak hal, progresivisme memandang bahwa nilai itu selalu berubah dalam pengertian terus bergerak berkembang kea rah kemajuan. Sementara itu esensialisme berpendapat bahwa keluwesan dan segala aspeknya dapat menjadi sumber ketidakstabilan pandangan dan pelaksanan pendidikan yang tidak menentu.
    https://www.kompasiana.com/andrisgunawan/5500e5dca333113519510300/progresivisme-dan-esensialisme-pada-tingkat-pencerdasan-anak

PERTEMUAN 10

  1. Bagaimana ciri dari pandangan eksistensialisme?
    a. penolakan untuk dimasukkan dalam aliran filsafat tertentu;
    b. tidak mengakui adekuasi sistem filsafat dan ajaran keyakinan (agama)
    c. sangat tidak puas dengan sistem filsafat tradisional yang bersifat dangkal, akademis dan jauh dari kehidupan.
    d. Semua jawaban benar
  2. Bagaimana cara penerapan filsafat eksistensialisme dalam pendidikan?
    Jawab: Filsafat pendidikan eksistensi ini sangat penting bagi dunia pendidikan. Contoh dalam sehari-hari yaitu, ketika mengikuti lomba disitu peserta didik dapat bereksistensi dengan mengembangkan potensi setiap individu. Guru ikut andil didalamnya dengan memberi bimbingan, motivasi, memfasilitasi dan lain sebagainya.
    https://www.kompasiana.com/wardahnaf/5ea9f473097f36053425cf52/eksistensialisme-dalam-filsafat-pendidikan

PERTEMUAN 11

  1. Sebagai sistem filsafat Pancasila terjabar nantinya dalam berbagai pedoman seperti, kecuali ….
    a. pedoman untuk pemersatu bangsa
    b. pedoman untuk semangat dan jiwa bangsa itu sendiri
    c. pedoman dari tatanan hidup dan perundang-undangan
    d. pedoman bagi penguasa untuk mempertahankan kekuasaannya
  2. Mengapa filsafat pancasila dijadikan dasar sistem pendidikan di Indonesia?
    Jawab: Mengapa ilmu pendidikan mengandalkan filsafat sebagai landasan utama dalam pendidikan? Karena memang landasan filosofis sebagai landasan dasar akan membantu menjawab permasalahan-permasalahan pendidikan yang menyangkut ranah antropologi, epistemik dan politik.
    http://pundi.or.id/pundi/artikel/mengapa-harus-filsafat-pancasila-sebagai-pondasi-pendidikan-di-indonesia

PERTEMUAN 12

  1. Aliran yang menganggap bahwa setiap manusia yang baru lahir mempunyai pembawaan yang baik, namun pembawa yang baik menjadi rusak karena ulah tangan manusia sendiri adalah aliran ….
    a. Nativisme
    b. Naturalisme
    c. Empirisisme
    d. Konvergensi
  2. Apa yang dimaksud dengan spiritualisme dalam filsafat?
    Jawab : Nilai spiritualisme adalah suatu ajaran yang menyatakan bahwa realitas mutlak alam dalam alam semesta adalah jiwa, yang menjadi dasar alam semesta dan memberikan penjelasan secara rasional.
    https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/download/4558/pdf

PERTEMUAN 13

  1. Segala kebenaran yang diperoleh melalui pengalaman dan pikiran yang didasarkan atas empiris, dan melalui kesimpulan dari hal yang khusus kepada hal yang umum disebut …
    a.       Deduktif
    b.      Induktif
    c.       Objektif
    d.      Subyektif
  2. Menurut pemahaman anda apa itu filsafat pendidikan di masa depan
    Jawab : Filsafat pendidikan dapat dimengerti sebagai kajian filosofis tentang asumsi-asumsi dasar, konsep, prinsip-prinsip hingga kategori di dlam penyelenggaraan pendidikan. Dasar-dasar asumsi tentang pendidikan adalah, pertama, pendidikan harus dimengerti sebagai alih ideologi dari satu agen ke agen yang lain, kedua, corak pendidikan yang diselenggarakan haruslah meupakan respon terhadap kolonialisme, ketiga, dasar filosofis pendidikan secara khusus akan mengikuti pola pemikiran revolusi mental dan keempat, pendidikan haruslah berbasis spriritualitas. Berdasarkan asumsi di atas maka mata pelajaran yang akan datang adalah mata pelajaran yang sangat dibutuhkan peserta didik, dengan kata lain mata pelajaran yang sesuai dengan konteks dan jaman karena masyarakat sekarang sedang menghadapi sebuah perubahan-perubahab yang sangat cepat
    https://opac.isi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=35833 – gsc.tab=0

PERTEMUAN 14

  1. k Asas – asas pendidikan yang berkaitan dengan mutu hasil pendidikan yang akan dicapai. Merupakan tujuan dari asas ….
    a. Asas Kualitas c. Asas Tanggungjawab
    b. Asas Demokrasi d. Asas Kasih Sayang
  2. Apa saja Peran Keluarga pada Pendidikan
    Jawab : Peranan keluarga terutama dalam penanaman sikap dan nilai hidup, pengembangan bakat dan minat serta pembinaan bakat dan kepribadian. Sehubungan dengan itu penanaman nilai-nillai pancasila, nila-nilai keagamaan dimulai dari keluarga. Reymond. W. Murray mengemukakan fungsi keluarga sebagai kesatuan turunan dan juga kebahagiaan bermasyarakat berkewajiban untuk melaksanakan dasar pendidikan, rasa keagamaan, kemauan, rasa kesukaan kepada keindahan, kecakapan berekonomi, dan pengetahuan penjagaan diri pada anak.
    https://www.asikbelajar.com/peran-keluarga-masyarakat-dan-sekolah-pada-pendidikan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: